Skip to main content

Jurnal Telur-Telur Minggu Pertama 'Lacak Kekuatanmu"

Bismillah,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Alhamdulillah wa syukurillah, Allah masih berkenan memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari sekian banyak penjelajah yang bersiap menjelajah bersama di hutan kupu - kupu Bunda Cekatan. 

Ya, Bunda Cekatan ini adalah perkuliahan lanjutan dari kelas Bunda Sayang yang sebelumnya saya ikuti di Institut Ibu Profesional. Saya juga bersyukur karena tentunya Suami dan Anak memberikan izin dan keridhoannya untuk saya bisa belajar kembali di kelas Bunda Cekatan ini.



Baiklah, materi di penjelajahan hutan kupu-kupu kali ini adalah "Lacak Kekuatanmu". Para bunda tersayang, kita semua harus yakin dan percaya bahwa di setiap diri kita ada yang namanya kekuatan atau bisa dibilang potensi diri. Nah, yang jadi PR kita adalah melacak atau menemukan sisi kekuatan dalam diri kita. 

Lacak kekuatan ini adalah materi pertama di kelas Telur-telur, sehingga kedepan diharapkan kita semua bisa mengasah kekuatan yang kita miliki, tentunya ini akan menciptakan kebahagiaan dalam diri dan bisa menularkan kebahagiaan didalam seisi rumah. 



"Menjadi Ibu Bahagia adalah sebuah keharusan dan dengan mengenal diri sendiri maka kebahagiaan tersebut akan tercipta, jadi kitalah yang menentukan standar kebahagiaan itu sendiri". Pokoknya kuncinya adalah HARUS BAHAGIA, jadi para bunda bisa melakukan aktivitas sehari-hari yang membuat berbinar dengan begitu, kita akan merasa senang dan bahagia dalam menjalani keseharian sebagai ibu. 

Setelah bahagia, point selanjutnya adalah BISA, Kunci nya adalah 4E (Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn}. Untuk itu saya membagi aktivitas harian menjadi 4 kuadran seperti berikut :

(4 Kuadran Aktivitas)


  • Kuadran Bisa dan Tidak Suka
Aktivitas yang bisa saya lakukan namun tidak saya sukai adalah : menyetrika, menata Rumah dan menyapu. hehe... meskipun bisa namun saya tidak menyukai aktivitas ini. Oleh karena itu aktivitas Menyetrika saya delegasikan. Namun, untuk menyapu dan menata rumah masih menjadi tugas sehari-hari yang semoga saja lambat laun bisa menciptakan bahagia. Aamiin.
  • Kuadran Bisa dan Suka
Nah, aktivitas ini sangat saya nikmati bahkan bisa menciptakan kebahagiaan dan semacam terapi untuk kewarasan diri. Para Bunda boleh ya, komen aktivitas yang bisa dan disukai. Biasanya aktivitas ini menjadi kekuatan yang harus kita asah untuk tidak hanya "sekedar' tetapi menjadi "cekatan". Aktivitas ini terdiri dari : beribadah, mempelajari ilmu Al-qur'an, mendongeng, berkebun dan bermain bersama anak. 
Adakah para Bunda yang memiliki aktivitas yang sama ? kelima aktivitas ini selalu membuat saya berbinar. Aha.. mungkin ini kekuatan yang saya miliki. 
  • Kuadran Tidak Suka dan Tidak Bisa
Aktivitas tukang alias bertukang, hehehe... meskipun kadang saat kepepet saya harus menggergaji kayu atau memasang paku di dinding, tapi bertukang lebih baik saya delegasikan ke Pak Suami atau orang lain yang lebih ahli. 
  • Kudran Tidak Bisa dan Suka
Aktivitas yang masuk dalam kuadran ini adalah : Memasak dan Baking, Menulis, Public Speaking,Hidup Ramah Lingkungan. mungkin bisa jsaj aktivitas ini nantinya menjadi "BIsa" kalau dilakukan rutin dan belajar lebih banya. Karena bukankah jika sudah tertarik maka keinginan belajar itu akan muncul, semoga ya.. hehehe...
Tentunya dari keempat kuadran ini yang menjadi kekuatan saya ada di Kuadran Bisa dan Suka, apa saja tadi ? ini ya Diagramnya.


Diagram Kuadran Bisa dan Suka

Aktivitas yang saya pilih sebagai kekuatan untuk menjadi Bunda Cekatan adalah :


1. Berkebun
Masya Allah, aktivitas satu ini selain membahagiakan juga mendatangkan pundi - pundi dari hasil mengembang biakkan tanaman hias. sepertinya menjadi petani begitu mengasyikkan. 


2. Mempelajari Ilmu Al-qur'an
Belajar dan mengajar Al-qur'an ini juga membuat saya berbinar dan bahagia. Selain itu, ini juga salah satu ikhtiar dan do'a saya agar anak-anak menjadihmenjadi qur'an.


3. Membersamai Tumbuh Kembang Buah Hati

Duduk bersama anak, bermain sambil belajar memberikan energi positif dalam diri. Tawa dan bahagia anak-anak saat bermain begitu saya nikmati. Membersamai mereka adalah amanah sekaligus tugas penting yang kelak akan dipertanggung jawabkan. Maka, saya perlu mengasah potensi diri agar bisa maksimal dalam membersamai anak-anak



Bismillah, semoga Allah mudahkan untuk menjadi cekatan di potensi yang ada di dalam diri saya dan para bunda lainnya. agar kita bisa maksimal menjalankan peran Istri, Ibu dan Individu. Aamiin.


Wassalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh



#InsitutIbuprofesional #hutankupucekatan #telurhijau #lacakkekuatanmu




Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak