Skip to main content

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah "buddy review". Masya Allah,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan?

Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru. 

Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy?


Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas. 

Masalah yang mbak Heru hadapi adalah manajemen emosi dan manajemen keuangan, hal ini saling bersinggungan sehingga memantik stress, rasa sedih, dan berujung menyalahkan diri sendiri. 

Tengah Allah uji sakit kanker pada anak mbak Heru membuat masalah semakin kompleks, namun satu hal mbak (semoga dirimu baca ini), aku bangga dan haru bisa merasakan betapa saat berada di titik terendahpun, kau masih berusaha mencari dan menemukan energi positif dengan ikut ambil peran di Kampus Ibu Pembaharu ini. Masya Allah, jika saja ini masalah menimpaku belum tentu aku bisa setegar dirimu mbak. Semoga energi bahagia dan atmosfer positif senantiasa menguatkanmu untuk terus melangkah!. Aamiin..

Apa yang Perlu Ditingkatkan dan Dioptimalkan ?

 
Kemampuan menganalisa dan mengindentifikasikan masalah sudah baik oleh Mbak Heru, beliau paham benar apa yang beliau rasakan,sehingga poin per poin dituliskan dengan jelas. Tapi mungkin bisa dijadikan masukan adalah jurnal yang dibuat bisa ditambahkan dengan materi atau referensi. 

Menulis jurnal dapat menjadi sebuah terapi yang baik untuk menyembuhkan setiap luka, pas banget di awal perkuliahan kita membahas tentang 'masalah'. Untuk itu akan lebih baik jika jurnal di lengkapi dengan materi pendukung sehingga kita bisa lebih memaknai inti dari penulisan jurnal tersebut.

Apa yang Menarik dari Problem Statement buddy?


Nah, hal menarik apa dari problem statement mbak Heru? yang saya amati adalah adanya kemiripan terhadap masalah yang kita hadapi yaitu seputar manajemen emosi, meski karena akar masalah yang berbeda namun benang merahnya adalah kemampuan dalam mengelola emosi. 

Jika faktor masalah yang saya rasakan hanya berasal dari saya, berbeda dengan mbak Heru dimana ada faktor eksternal yang sering kali memantik rasa sedih dan kecewa yang jika tidak direlease maka akan memberikan luka membekas di hati mbak Heru. 

Ahh.. setelah menelaah dari masalah-masalah yang kita hadapi,masalah terbesar selalu berasal dari diri sendiri, karena kita yang bertanggung jawab atas masalah kita, tinggal bagaimana kita izinkan atau tidak orang lain menambah puing-puing masalah untuk kita. Biar bagaimanapun kelak hanya kita yang akan Allah mintai pertanggung jawaban atas apa yang sudah kita lakukan di dunia yang sementara ini. 

Sudah menyadari masalah dan dampak yang akan terjadi adalah sebuat langkah besar yang didalamnya terpatri asa dan harapan agar mampu menyelesaikan masalah dengan mumpuni agar bisa menjadi hambaNYA yang ikhlas dan senantiasa berdamai dalam setiap keadaan. Aamiin..

Semoga Allah mudahkan kita untuk terus semangat ya buddy ku, kita hanya harus ikhlas dan tawakkal.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan