Skip to main content

Jurnal Ke-6 Tahap Kupu-Kupu

 Bismillah,

Assalamualaiku Warahmatullahi Wabarakatuh.

Masya Allah perjalanan menjadi kupu-kupu telah mencapai pekan keenam dan masih harus semangat agar target pada awal tahapan yang telah direncanakan bisa tercapai. 

Menghafal Alqur'an pada tahap ini memberikan tantangan yang lebih dibanding pekan sebelumnya. Apa saja cerita selama sepekan ini? Yuk, kita bahas sebagai bahan evaluasi saya juga agar semakin baik dipekan sebelumnya.

1. Hari Senin, 12 Juli 2021
Seperti pekan sebelumnya, diawal pekan adalah jadwalnya saya menghafal surah. Pada pekan ini saya menghafal surah Al-Infithar dan Al-Muthaffifin. Akhir pekan sebelumnya saya sudah melakukan video call dengan Teh Pipih, namun ada beberapa catatan yang harus diperbaiki misal kesalahan bacaan ayat, lupa sambungan ayat berikutnya maupun terlalu terburu-buru menghafal sehingga makhorijul huruf masih belum pas. 

Hari ini saya sukses menghafal Surah Al-Infithar ayat 1-12. Kunci suksesnya adalah manfaatkan waktu ba'da shalat untuk menambah hapalan. Esok hari berharap sudah selesai satu surah secara mutqin

2. Hari Selasa, 13 Juli 2021
Hari ini, saya masih mengulang hafalan yang kemarin kemudian menambah kembali hapalan surat Al-infhitar ayat 13-19. Kunci suksesnya selain mengulang-ulang hapalan saat shalat dan setelah shalat. Saya juga mendengarkan murottal saat melakukan pekerjaan domestik agar semakin hapal. Hari ini saya menuntaskan satu surat dan terus mengulang-ulang. Esok hari semoga target menuntaskan surah Al-Muthaffifin terkejar Aamiin. 

3. Hari Rabu, 14 Juli 2021
Wah hari ini penuh dengan drama domestikan sekaligus membersamai anak-anak. Meskipun begitu saya tetap semangat menghafal, meskipun dalam keadaan berhalangan. Alhamdulillah, meski sedikit hectic hari ini saya mampu menghafal surah Al-Muthaffifin ayat 1-6, dan menyetorkan kepada Teh Pipih. 

Meskipun tidak banyak setorannya, tapi saya yakin esok hari lebih banyak dari hari ini. Bismillah.

4. Hari Kamis, 15 Juli 2021
Memasuki pertengahan pekan, namun sisa setoran saya masih banyak yang harus dikejar. Disini saya sempat berdiskusi dengan suami tentang kendala saya , yang memang harus membersamai dua anak shalih selama 24 jam ditambah sedang berhalangan sehingga mood swing. 
Saya mengeluhkan kemampuan saya dalam menghafal, saya merasa mudah saat menghafal atau menambah hafalan namun hafalan sebelumnya menjadi sering tertukar, astaghfirullah.

Suami dengan tenang memberikan masukan kepada saya agar tetap ikhlas dan semangat dalam menghafal Al-qur'an, memang tak mudah ditambah lagi sembari mengurusi rumah. Namun pasti bisa asal mau berusaha. Suami berpesan agar tak terburu-buru dalam hafalan yang penting istiqomah. Suami turut mendoakan agar Allah memberi kemudahan kepada saya. Aamiin. 

Kendala saat ini adalah manajemen waktu, sehingga menjadi evaluasi saya untuk meluangkan waktu tanpa mengganggu waktu bersama anak-anak dan keluarga. Hari ini saya sukses menambah hafalan surah Al-Muthaffifin ayat 7-15.


5. Hari Jum'at, 16 Juli 2021
Hari ini saya sukses menambah hafalan surah Al-Muthaffifin ayat 16-27, masih ada beberapa ayat agar tuntas menghafal surah ini. Saat ini saya harus bisa lebih fokus agar ayat yang dihafal tidak menyebabkan hafalan sebelumnya menjadi terlupa. Suami juga memberikan solusi agar tiap malam melakukan murojaah dan disimak oleh suami. 

Saya tidak ingin menganggap semua ini beban, menghafal dengan tenang seperti arahan suami dan tetap semangat.

Hari sabtu dan ahad saya harus menyelesaikan target satu surah Al-Muthaffifin semoga Allah beri kemudahan Aamiin. 


ALIRAN RASA PEKAN KE-6

Menikmati proses dalam menghafal Al-qur'an memanglah penting, karena dengannya kita jadi bisa merasa bersyukur karena diberikan kesempatan oleh Allah sebagai hambaNYA untuk menghafal Al-qur'an. Pekan ini terasa agak berat karena saat ini saya sedang berhalangan, kadang perut terasa kurang nyaman ditambah mood swing yang kadang mengganggu konsentrasi menghafal. 

Meski begitu, saya tetap bersemangat menghafal karena mendapatkan dukungan dari suami dan anak-anak, tak ketinggalan dari mentor saya Teh Pipih, yang meski ditengah kesibukannya masih menyempatkan waktunya untuk sama-sama murojaah dan mengoreksi hafalan saya. 

Kunci sukses yang saya dapatkan selama proses mentorsip ini ialah :
  • Manajemen Waktu : Hal penting ini yang saat ini masih menjadi PR bagi saya agar bisa membagi waktu dengan baik agar tak mengganggu aktivitas bersama anak dan keluarga. 
  • Istiqomah : Mengulang-ulang hafalan saat shalat, saat bersama anak, saat domestikan dengan mendengarkan murottal
  • Ikhlas dan Bahagia : Saya sadar menjadi seorang penghafal Al-qur'an memanglah tak mudah, butuh perjuangan dan usaha yang sangat besar. Saya harus tetap bersemangat tidak peduli berapa banyak ayat yang dihafal yang terpenting ikhlas dan bahagia. Insya Allah selalu ada kemudahan dari Allah. 
  • Dukungan dari orang sekitar : Lingkungan adalah satu diantara hal penting, jadikan al-qur'an sebagai suatu kebutuhan agar terbiasa mendengarkan sehingga lebih mudah menghafalnya.
Bismillah, semoga semua target yang sudah ditulis tercapai dengan baik. Namun yang terpenting, semoga ridho Allah terlimpahkan kepada kita semua Aamiin.

Oh, iya, berikut ini foto analogi selama sepekan yang menggambarkan perjuangan saya setiap harinya. 
  • Foto Lampu dan buku, menggambarkan perjuangan saya saat menambah hafalan dan terus berikhtiar.
  • Foto Otak kanan kiri, menggambarkan aktifitas saya saat mengulang-ulang hafalan dan harus berkonsentrasi agar bacaan yang dihafal tidak salah. 
  • Analogi Mentorku yaitu foto awan dan matahari yang saya berikan kepada Teh Pipih. "Bagiku..teteh seperti matahari sekaligus awan.. menyemangati dan menenangkan hehe.. teruslah bersemangat mementoriku ya teh.. meskipun banyak hapalanku yang kadang keseleo hehe.. semoga Allah mudahkan"
  • Aku menurut Mentorku ialah seperti bunga putih. "Sebagai mentor, bagi saya ini analogi mba Awik.. berjuang dan berusaha menghafalkan setiap ayat demi ayat itu tidak mudah, namun semangatnya meniti keridhoan Allah untuk sampai kepada "Keabadian" in syaa Allaah, semoga Allah mudahkan, Allah istiqomahkan"
  • Testimoni dari suami sebagai orang yang mengenal saya adalah "Terus tingkatkan semangat menghafal Al-qur'an, perbaiki manajemen waktu agar semakin istiqomah. Meski sembari membersamai anak. Tak perlu terburu-buru istriku, nikmati dan ikhlas jalani prosesnya. Semoga Allah mudahkan Aamiin"




Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
#institutibuprofesional
#tahapkupucekatan
#programmentoship
#tahapkeenam

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak