Skip to main content

Hari Ke-1 Game Level 5 “Menstimulasi Anak suka Membaca”

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Apa kabar para ibu pembelajar ?
Sehat semuanya ya bu..

Alhamdulillah sudah memasuki game level 5 yang judulnya begitu bagus nih buat para ibu sebagai fasilitator anaknya..
Bu ibu kenal bung Karno ? BJ. Habibie ?
Meskipun mamak belum pernah bertemu tapi satu hal untuk dua nama diatas adalah sosok negarawan yang cerdas ya mak. Dan tau ga mak, mereka begitu cinta membaca dan pasti orang - orang hebat diluar sana hobi membaca. Membaca sama seperti jendela dunia yang punya berjuta manfaat.





Nah, mau kan mak ananda menjadi anak hebat, eh bukan hanya anannda tapi kita juga, suami juga karena zaman sekarang ilmu pengetahuan begitu diperlukan. “Rajin membaca pangkal pandai” , Aahh.. pribahasa dulu waktu saya SD benar adanya, bahkan tidak hanya pandai, dengan membaca kita semakin banyak tahu, banyak bisa, banyak mau juga jadinya hehe.. Kenapa jadi banyak mau ? Iya mak.. ketika kita baca buku resep masakan ujung-ujungnya kan jadi pengen coba dan makan haha.. mamak- mamak sebagai ahli gizi keluarga harus pandai mengolah menu, walaupun saya masih harus banyak belajar dan membaca nih untuk urusan dapur hehe..

Jadi di game level 5 ini kita sebagai fasilitator anak, membersamai ananda untuk “SUKA” membaca.
Suka berarti hobi atau gemar ya mak, bukan karena paksaan. Nah sebenarnya ini PR kita sebagai orang tua, menjadikan anak suka membaca atau memiliki hasrat atau kegemaran membaca bukan hanya membaca buku saat mau ujian atau saat diperlukan (Hayoo mak.. dulu banget pas sekolah belajarnya kebut semalam ga ? Haha)

Mbak Kiyya, partner kecil saya memang sejak berumur 2 bulan sudah saya ceritakan berbagai buku, mulai dari buku bantal agar tidak berbahaya sampai diumur sekarang 3 tahun telah banyak buku yang Saya kenalkan ke Mbak Kiyya.

Hari ke-1 ini saya bacakan buku yang berjudul “Kisah Binatang di dalam Al-qur’an”. Didalam buku ini ada beberapa binatang yaitu : Gajah, Burung,Rayap, Keledai dan Ikan Paus.








(Yeay.. )

(Ini burung apa mi? Burung pipit ya ?)

Saya ingin Mbak Kiyya paham apa yang dibaca tidak hanya sekedar membaca. Nah, dihari pertama ini saya bacakan tentang gajah dan burung. Berikut ini cara saya menstimulus Mbak Kiyya agar Suka membaca:
1. Membuat nuansa nyaman saat membaca misal, sebelum tidur sambil berbaring suasanya nyaman dan santai
2. Membaca sesuai pilihan buku yang Mbak mau, saya tidak ingin memaksa Mbak Mau membaca buku yang mana, jadi saya biarkan dia memilih agar ia semangat saat membaca.
3. Bacakan buku dengan intonasi seperti berdongeng. Wah ini kesukaan saya saat membaca seperti mendongeng
4. Saat membaca dan bercerita, ajak interaksi juga ananda seperti bertanya tentang cerita tersebut.

Cerita tentang gajah ini terdapat di dalam Alqur’an Surah Al-Fiil, sambil menyelam minum air saya membacakan surah ini dan meminta mbak Kiyya menghapalnya. Alhamdulillah mbak sudah hapal. masya Allah ya sayang.


Nah, karena buku ini sudah sejak seminggu lalu saya bacakan walaupun tidak intens. Sekarang di hari ke-1, gantian mbak Kiyya yang membacakan untuk saya haha.. dan Alhamdulillah jalan ceritanya bisa diceritakan dengan jelas oleh Mbak Kiyya .

Reading tracker kami adalah
1. Dongeng Anak Terlengkap
2. Kisah 25 Nabi dan Rasul
3. Mukjizat para Nabi

Ketiga buku ini sangat tebal untuk anak usia 3 tahun hehe jadi selama game level ini kami akan menuntaskan membaca 3 buku. Dan memastikan Mbak Kiyya paham dan mampu menceritakan ulang kepada mami dan papi.. tapi reading tracker ini tidak baku karena suatu saat kalau mbak Kiyya memilih buku lain maka saya akan menyanggupinya..

Nah.. kita tulis ya nak judul bukunya di pohon literasi yang sudah kita buat bersama.. aduhh mak riweeh sekali haha .. tapi Alhamdulillah siap.. maafkan saya yang nilai keterampilannya pas pasan apalagi nilai kesenian haha...

(pohon Literasi by Mami dan Kiyya)





Semangat sayangku Kiyya..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#hari1
#kuliahbundasayang
#tantangan10hari
#gamelevel5
#menatimulasianaksukamembaca
#kuliahbunsay

@ibuprofesional





Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak