Skip to main content

ALIRAN RASA "Tahapan Telur-Telur" Kelas Bunda Cekatan

 Bismillah,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah pekan tahap telur-telur telah selesai dilalui, selama empat pekan ini saya ditempa untuk merenung pada diri sendiri tentang apa dan bagaimana kelak diri ini setelah lulus dari kelas bunda cekatan. Di awali tahap telur hijau kemudian merah dan selanjutnya telur oranye, di akhir tahapan ini saya membuat peta belajar selama perkuliahan bunda cekatan berlangsung nanti. 

Di tahap ini juga saya banyak memilah dan memilih mulai dari aktivitas yang saya sukai dan bisa kemudian aktivitas yang penting dan mendesak, dilanjut dengan memahami keterampilan apa yang saya perlukan untuk mewujudkan goal saya, terakhir saya lengkapi peta belajar agar selama penjelahan di hutan kupu-kupu saya tetap on track  dan bisa fokus pada topik yang sudah saya pilih untuk menjadi Bunda Cekatan. 



Bagaimana cerita selama empat pekan ini?  Apa saja "rasa" yang saya rasakan ?  


1. Rasa Antusias dan Excited

Inilah perasaan yang saya rasakan saat akhirnya diberi kesempatan untuk menjadi bagian dalam penjelajahan hutan kupu-kupu bersama teman-teman yang lain. Mulai memahami cara belajar dari Facebook Group (FBG)adalah hal baru bagi saya, namun sekaligus memberikan tantangan bagi saya. Meskipun di awal sempat merasakan kebingungan, tapi semakin kesini malah jauh merasa lebih nyaman menggunakan FBGd dari pada Google Classroom maupun WAG (Whatsapp Group). Mengapa? Karena di FBG saya merasa jadi lebih banyak teman seperjuangan dari segala penjuru, bisa saling sapa lewat kolom komentar, bisa mengulang kembali materi saat live, bisa lebih hidup lah istilahnya.. Nah, kalau sudah begini benar kata pepatah ya "Tak kenal maka tak sayang, awalnya bingung akhirnya nyaman" Eh. hahaha..


2. Rasa Semangat yang tinggi.

Benar bahwa sejak mengikuti Bunda cekatan yang sekarang menggunakan platform FBG saya mendapatkan banyak semangat dari Magika, Malika, Kunang-Kunang dan Teman-teman seperjuangan. menyaksikan live diskusi kemudian bisa berinteraksi langsung via video (Join room) memberikan amunisi semangat untuk terus berproses.

3. Mendalami hati dan Membaca pikiran

Saat memasuki perkuliahan pada tahap telu-telur ini, saya diajak untuk menelusuri diri dan pikiran, tentang mau jadi apakah saya setelah akhir perkuliahan nanti ? , hal apakah yang perlu saya siapkan untuk bisa menggapai goal saya ? Hal apa sih yang sangat penting dan mendesak yang harus saya selesaikan selama lima bulan kedepan agar saya bisa menjadi bunda cekatan ?. 

Strong why saya benar-benar harus dikuatkan agar bisa fokus dan tidak tergiur dengan banyak ilmu yang menarik diluar sana, setiap kita memiliki urgensinya sendiri, tiap kita memiliki ilmu yang harus didalami sendiri. Maka back to mind mapping yang sudah kita buat, agar kita tidak kehilangan arah tujuan atau malah kesasar di hutan kupu-kupu. 

4. Bersyukur

Banyak hal yang bisa saya syukuri dalam waktu empat pekan di tahap telur-telur ini. Menjadi bagian dari penjelajah hutan, menjadi bisa memhami potensi diri, mampu melacak kekuatan diri, mampu menjadi terbaik dalam versi diri saya sendiri, berkesempatan menuntut ilmu di kelas ini. Masya Allah, sungguh merupakan nikmat yang saya syukuri. 

Semoga Allah berkenan memudahkan saya dan teman seperjuangan di bunda cekatan untuk berproses menjadi ulat dan kemudian kupu-kupu yang indahnya, yang kemudian akan bermanfaat dan bisa menebar kebaikan kepada orang lain sesuai dengan kekuatan dan potensi dalam diri kita. Aamiin..


Wassalamualaikum warahamtaullahi wabarakatuh


#aliranrasa

#bundacekatan

#tahaptelur

#penjelajahhutankupu-kupu   

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak