Skip to main content

Jurnal Tahap Ulat-Ulat Pekan 2

 Bismillah,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, pekan ini adalah pekan yang sangat menarik sekaligus menantang bagi saya, karena pada pekan ini banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang saya dapatkan. Para ulat di penjelajah hutan kupu-kupu memasuki "Gua The Jungle of Knowledge", dimana aturan mainnya adalah para ulat diharuskan membawa potluck (ilmu "aku tahu tentang") dan kemudian dibagikan dalam bentuk audio maupun video kedalam masing-masing album sesuai dengan album yang sudah dibuat oleh Magika di Facebook Group.

Nah, ini mengapa belajar melalui platform FB lebih berwarna dan menarik menurut saya, karena dari sekian banyak para ulat di hutan kupu-kupu kemudian masing-masing membagikan potlucknya dan kita bisa mencicipi kudapan yang dibawa sesuai dengan ilmu yang mau kita kuasai (Mind mapping). Itulah mengapa kemudian disebut Gua, karena akan banyak suara berupa ilmu yang dibagikan oleh masing-masing ulat.

Disini saya kembali sangat bersyukur karena bisa berada diantara barisan para ulat yang Masya Allah, mereka semua memiliki ilmu yang beragam, mulai dari urusan memasak, berbenah, berkebun, literasi. sampai kepada ilmu agama. Wah, bisa -bisa saya kekenyangan nyemilin tiap-tiap ilmu. Oleh karena itu, sesuai pesan yang disampaikan magika, bahwa saat berada di gua tetap gunakan headlamp, pegang erat peta belajar kita, agar kita bisa fokus melahap makanan sesuai dengan yang kita butuhkan. Jangan sampai kekenyangan tapi justru tidak mendapatkan nutrisi buat bekal jadi kepompong nanti.

Oh iya, potluck yang saya bawa saat menjelajah gua adalah dengan tema berkebun, ini adalah satu diantara topik yang saya ketahui dan sudah saya praktekkan. Berkebun memang aktivitas yang saya sukai dan bisa. Maka, judul potluck saya adalah "How to Propagate Raphidhopora Tetrasperma" atau cara mempropagasi  tanaman raphidhopora tetrasperma, satu diantara tanaman hias yang saya cintai dirumah. 

Alhamdulillah, potluck ini saya buat berdasarkan ilmu dan pengalaman saya dalam memperbanyak tanaman, mau tau caranya ? yuk kita simak video berikut:


Semoga para ulat di hutan penjelajah bisa mencicipi dan bermanfaat ya.. 

Lalu, makanan apa yang saya cicipi selama di gua the jungle of knowledge ?
Sesuai dengan peta belajar saya, selama di kelas Bunda Cekatan ini saya akan belajar telah manajamen emosi dan ilmu tahsin Al-qur'an. Sehingga pekan ini ilmu yang saya dapatkan di gua adalah :
  1. Manajemen Emosi 
Dari beberapa potluck yang saya pelajari dan sumber ilmu pekan lalu,saya memahami bahwa emosi ini adalah tentang jiwa dan pikiran maka akan selalu bermuara pada hati yang dekat kepada sang Khaliq yakni Allah SWT. Jadi, jika kamu marah/emosi maka ingatlah Allah, ingatlah bahwa Ia memberikan kita emosi untuk kita kelola agar bisa mengambil hikmah dari setiap permasalahan. 

Potluck yang saya cicipi di gua pekan ini adalah :
    • Morning Self Loving Kindness Therapy (SLKT) dari Yuyun Yuliyani. Ilmu yang sangat bermanfaat dan sudah saya praktekkan, tentang praktek terapi untuk mencintai diri sendiri. Pagi hari menurut saya adalah waktu krusial untuk membentuk kebahagiaan dan rasa syukur, karena jika pagimu bahagia maka siang hingga malam akan merasa lebih ikhlas dan tenang.
    • "Jangan Marah, Bagimu Syurga", judul potluck dari Sitra Nurfasiha ini sama persis dengan judul peta belajar saya, Masya Allah isinya adalah bagaimana cara kita untuk mengendalikan emosi mulai dari menarik nafas, ber ta'awudz, mengubah posisi, wudhu sampai shalat sunnah dan berdoa (tentu lagi lagi kita hanya perlu mengadu dan bersandar kepada Ia Rabbul "Alamin)
    • "Emosi Terkendali Ketika Membiasakan Anak Meminta Maaf dan Ucap Terima Kasih", wah meskipun ini untuk ilmu untuk anak-anak tetapi menurutku ini hal simple namun berarti yang bisa kita lakukan saat marah, yaitu minta maaf kepada diri kita dan ucapkan terima kasih, sehingga kita bisa lebih sabar dan ikhlas menghadapi sesuatu
    2. Ilmu Tahsin Al-qur'an
 Potluck yang saya cicipi tentang ilmu tahsin adalah :
    • "Menyempurnakan Harakat Saat Membaca Al-qur'an" oleh Yeni Puspita Sari
    • "Belajar Tahsin" oleh Ulul Hidayah
Masya Allah begitu banyak ilmu di pekan ini yang dibagikan oleh para ulat dan semoga bermanfaat serta bisa kita praktekkan agar tercapai goal kita untuk menjadi Bunda Cekatan. Bismillah dan semangat selalu teman-teman. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabakaratuh

#institutibuprofesional #hutankupucekatan #tahapulat #guathejungleofknowledge



Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak