Skip to main content

"Peta Belajar" Kelas Bunda Cekatan Batch 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdullilah, memasuki pekan terakhir di tahapan telur-telur, perenungan akan topik belajar semakin dalam karena pekan ini kami diharuskan menentukan peta belajar. Peta belajar ini berguna agar kami tidak kehilangan arah selama penjelajahan di hutan kupu-kupu, agar tetap on track pada goal yang akan dicapai setelah lulus di kelas bunda cekatan nanti. 

Setelah berpikir dan mengajak suami untuk sharing tentang peta belajar ini, akhirnya saya menentukan sebuah topik yang akan saya gali dan dalami dalam perkuliahan bunda cekatan yang berjudul "Al-qur'an is Our Way of Life". Jika pada telur jingga ada pilihan ilmu parenting maka ini akan berkesinambungan dengan ilmu tahsin yang akan saya dalami. Berikut ini adalah peta belajar versi saya. 


💧 Goal belajar saya adalah :
  • Sukses dan bahagia di dunia dan akhirat, saya berharap perkuliahan bunda cekatan menjadi salah satu ikhtiar untuk bisa mencapai goal hidup saya.
  • Menjadi Ibu dan Istri yang shalihah, kunci kebahagiaan saya adalah bisa menjadi Ibu dan Istri shalihah bagi suami dan anak-anak saya. Oleh karenanya penting bagi saya untuk terus berproses dan belajar menggali potensi diri untuk menciptakan kebahagiaan sampai jannah.
  • Menebarkan kebaikan dan manfaat, menjadi individu tentu saya memiliki peran dan tanggung jawab tentang bagaimana keberadaan saya bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. 
💧 Peta Belajar

1. Manajemen Emosi (Anger Management)
Memahami bahwa mengelola emosi ini merupakan hal penting dan mendesak untuk saya lakukan karena semua produktifitas dalam diri berawal dari perasaan bahagia dan ikhlas untuk melakukan sesuatu, sedangkan emosi ini merupakan penghalang atau hambatan yang sejatinya harus mampu saya kelola dengan baik. Perasaan marah, tidak bersabar, kurang ikhlas dan sebagainya membuat saya merasakan perasaan sedih yang pada akhirnya menjadi hambatan bagi saya.

Sehingga manajemen emosi saya masukkan dalam peta belajar saya dengan beberapa tahapan belajar yaitu : Self Healing, Tazkiyatun Nafs, Quality time dan meningkatkan kualitas ibadah.

Dalam prosesnya nanti, akan ada semacam challenge yang akan saya buat bersama keluarga, seperti :"Janganlah marah maka bagimu surga", "Senyum yuk", "Tarik nafasmu, istighfar!", "No, Nge-gas Day". Hingga saya berharap di akhir perkuliahan saya bisa menjadi pribadi yang penyabar, pribadi yang senantiasa ikhlas dan sabar dan tentunya penuh kelembutan. 

2. Tahsin Al-Qur'an
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain”. Hadits ini memberikan saya motivasi yang kuat untuk terus belajar mendalami Al-qur'an,

Pilihan untuk mempelajari Al-qur'an ini merupakan alasan karena cita-cita dan harapan saya untuk bisa memfasilitasi anak-anak menjadi hafizh Qur'an. Saat ini adalah masa penting buat saya untuk menciptakan kecintaan dan ghiroh terhadap Al-qur'an kepada anak-anak saya. Selain itu, ketertarikan terhadap Al-qur'an menjadi sisi kekuatan saya untuk kelak bisa bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan saya. 

Setelah mampu mengelola emosi menjadi energi yang positif maka saya akan lebih produktif untuk bisa mempelajari Al-qur'an. Tujuannya adalah ketika diri ini telah bahagia dan ikhlas maka ilmu yang akan saya pelajari selanjutnya bisa lebih mudah saya terima.  Mempelajari Ilmu tahsin ini akan saya bagi dalam beberapa tahapan yaitu :
  • Mengetahui Fadhilah dan keutamaan mempelajari Al-qur'an.
  • Mempelajari Makhorijul huruf dengan benar
  • Mempelajari sifatul Huruf
  • Mempelajari Ilmu Hukum Tajwid lengkap (ini akan terbagi menjadi beberapa materi yang nantinya akan diperdalam satu per satu)
  • Praktek membaca Al-qur'an yang baik dan benar sesuai kaidah
  • Mengamalkannya kemudian mengajarkan anak-anak dan bisa menebarkan manfaat untuk mengajarkan kepada lingkungan sekitar.
Menjadi cekatan menurut versi diri saya adalah kelak saya mampu mengimplementasikan ilmu yang telah saya pelajari dan memberikan manfaat untuk orang lain. Peta belajar ini nantinya akan menjadi benda penting selama di penjelajahan hutan kupu-kupu agar saya tidak kehilangan arah tujuan.

Semoga Allah berikan kemudahan untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik yang Allah ridhoi. Aamiin..

Wassalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh.

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#petaperjalananbelajar

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak