Skip to main content

HABIT TO NATION

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Memasuki pekan ini, para hexa dibuat hectic saling berdiskusi tak hanya di FBG, namun riuh ramai terasa di semua CH, tak terkecuali GaMa. Masya Allah. 



Bu Septi memaparkan dalam materinya, bahwa dalam zona habit ini kami mempelajari beberapa hal diantaranya  :

1. Knowledge Management Character

Para hexa diharapkan mengetahui secara mendalam tentang karakter yang dipilh pada zona karakter sebelumnya, mengetahui dengan jelas apa saja booster character, delay character dan risk character. Dengan ini diharapkan project passion bisa berjalan dengan baik kedepan. 

2. Check In dan Ice Breaker
Yuk, Lebih mengenal dekat dengan anggota hexa, nah ini juga sudah saya terapkan selama ini. Sebagai leader keakraban GaMa adalah tanggung jawab saya, maka saya jadikan habit untuk menyapa group setiap hari, mengajak bercerita tak hanya tentang perkuliahan. Saya yakin bahwa untuk mencapai team work yang solid diperlukan komunikasi yang baik.         

3. Habit to Nation
Habit adalah sebuah kebiasaan, kebiasaan baik yang perlu dijalankan oleh para hexa untuk mendukung keberhasilan PP. Setiap Hexa nantinya harus konsisten dalam menjalankan habitnya, tentunya diharapkan bisa menularkan kepada hexa yang lain.

4. Self Evaluation
Penting kiranya adanya evaluasi terhadap habit yang sudah kita jalani, evaluasi ini berguna untuk mengetahui seberapa besar dampak dari habit yang kita lakukan untuk keberhasilan PP, apakah perlu di teruskan atau mungkin ditambah habit baru sekiranya habit sebelumnya sudah benar-benar dijalankan.

Tim formula juga menyediakan beberapa template sebagai bahan diskusi di CH, nah setelah menyimak materi dari Bu Septi dan Mardika, tiba saatnya kami mengadakan diskusi CH.

Tantangan yang kami hadapi adalah jam online teman-teman yang berbeda, maka saya mengambil solusi untuk menentukan zoom meeting agar bisa lebih leluasa mengutarakan pendapat. Ritme yang laju menuntut kami harus lebih cepat menyimak materi sebagai bahan diskusi, ini pun sebuah tantangan bagi ch kami, sehingga ada beberapa perbedaan terkait pemahaman materi.

Alhamdulillah, perbedaan itu menghadirkan gagasan yang kaya dan tentunya diskusi jadi semakin seru. Beberapa hal yang memang perlu kami tanyakan kembali ke Mardika. 

Berikut ini hasil diskusi dari CH GaMa untuk zona habit pekan ini :

1. Menentukan Milestone Project Passion (PP)

"Sahabat Bertumbuh", project kami ini memiliki goal yang kami harapkan benar-benar bisa berdampak bagi CH kami dan ibu lain di luar sana. 

Goal PP CH Gama


Kami pun membagi menjadi 4 milestone hingga sampai ke goal kami, yaitu :

1. MILESTONE 1

  • Agenda    :BRAINSTORMING DAN KONSEP PP (Kami bersepakat untuk melakukan brainstorming untuk mematangkan konsep PP sebelum memulainya, agar semua hexa bisa saling solid.
  • Durasi      :16 Oktober – 29 Oktober 2021
  • Habit        : Komitmen dan Kooperatif
  • Hambatan :Perbedaan pendapat dalam pemahaman materi
  • Solusi       : Menyimak ulang materi dan melakukan komunikasi efektif untuk menemukan benang merahnya. 

2. MILESTONE 2

  • Agenda : Pendalaman Materi tentang Kesehatan Mental Ibu dan Challenge Diri (Pada Milestone ini semua warga ch GaMa akan memulai habit baiknya yang terkait dengan PP, sebelum bisa berbagi untuk ibu lain di luar sana. Masing-masing dari kami menjalankan habit berupa pendalaman materi seputar kesehatan mental ibu dengan membaca sumber referensi (jurnal,artikel,buku, maupun video) dan menantang diri untuk melakukan berbagai metode self healing)
  • Durasi : 30 Oktober 2021 – 30 November 2021 (satu bulan)
  • Habit   : Konsisten dan Komitmen : (Melakukan berbagai macam self healing dan Pendalaman Materi setiap harinya)
  • Hambatan : Inkosistensi dan Kesulitan mencari jurnal dan artikel terkait PP dan menterjemahkan jurnal psikologi bahasa asing
  • Solusi : Membuat kandang waktu yang baik dan memperbaiki manajemen waktu agar bisa terus konsisten menjalankan habit baik dan Mencari sebanyak-banyaknya sumber referensi berupa jurnal, buku, artikel, maupun video terkait PP.
Lalu, apakah habit yang mau saya bangun pada milestone ini ?
dengan karakter Responsibility yang saya pilih pada pekan sebelumnya, saya memilih habit yang berkenaan dengan rasa tanggung jawab saya, yaitu :

1. Membaca dan mem-parafrase kan hasil bacaan seputar kesehatan mental ibu
yuk kita intip beberapa materi yang sudah saya tuliskan di blog. 





Evaluasi habit ini adalah bahwa benar butuh konsistensi yang sangat besar. Saya sudah menyimak setiap materi yang kemudian dibuat oret2an di buku namun tantangannya adalah menuliskan kembali dalam blog yang masih belum konsisten. Mau ngintip tulisan oret2an saya ? eh bisa dibaca ga ya wkwkw.. 

Original dari tangan nih wkwk

2. Selain memparafrasekan setiap materi yang saya simak, habit yang saya lakukan adalah mempraktekkan Ninety Seconds Rules With Dzikr, teman2 bisa cek link diatas ya. Mengambil jeda sebanyak 90 detik ketika emosi marah datang adalah bentuk tanggung jawab saya bahwa emosi saya adalah tanggung jawab saya, maka saya wajib mengontrol diri saya agar emosi yang hadir tidak menyakiti diri dan orang lain. 

Mengambil jeda 90 detik ini saya lakukan sembari beristighfar dan membiarkan emosi saya reda, karena ketika saya marah maka saya bertanggung jawab untuk mengizinkan emosi tadi pergi dengan memberikan jeda pada diri untuk cooling down sembari mengingat Allah. Teman-teman silahkan dicoba ya, Alhamdulillah selama sepekan ini, tips self healing ini memberikan dampak baik bagi saya.

Berikut ini self evaluation pada pekan ini, evaluasi ini akan terus dicatat agar bisa terus fokus dalam melatih habit. 



3. MILESTONE 3

  • Agenda : RACI dan Publikasi PP (konten edukatif, Webinar, Podcast, IG LIVE)
  • Durasi   : 01 Desember 2021 - 15 Januari 2021 (1,5 bulan)
  • Habit  : Disiplin dan Fokus ( Rutin Mencari sumber referensi PP dan menuliskannya kembali dalam bentuk afirmasi positif dan parafrase serta bertanggung jawab terhadap peran sesuai RACI dan timeline project)
  • Hambatan : Procrastination (Menunda-nunda pekerjaan) dan Kurang Maksimal menjalankan peran dan tanggung jawab dalam Project Passion
  • Solusi :Membuat kandang waktu dan disiplin diri , Melakukan tugas sesuai RACI dengan penuh tanggung jawab dan Meningkatkan komunikasi produktif dan kerjasama tim

4. MILESTONE 4

  • Agenda : Pengembangan Project Passion (Pembuatan Handbook)
  • Durasi : 16 Januari 2022- 29 Februari 2022
  • Habit : Fokus dan teliti dalam Jurnaling dan review materi handbook, Praktek PFA (Phsycological First Aid) / Konseling
  • Hambatan : Procrastination (Menunda-nunda pekerjaan) dan Teknik penulisan materi yang baik
  • Solusi :Membuat kandang waktu dan disiplin diri, Mempelajari atau mendatangkan narasumber untuk memberikan ilmu tentang tata cara pembuatan handbook yang baik dan benar.

Template Habit to Nation CH GAMA


Road Map PP CH GaMa

Semoga Rencana roadmap ini bisa berjalan dengan baik, mohon doanya yaa.

Masya Allah, pekan ini selain hectic saya juga cukup sedih dengan adanya kabar satu diantara warga GaMa yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari perkuliahan di Bunda Produktif. hiks..Tapi, GaMa harus tetap semangat. Misi kita belum usai, goal kita juga belum tercapai, keep on track guys.. !

Beliau ini mendapat amanah sebagai tim desain di CH kami, karena kemampuan desainnya yang bagus. Beliau juga teman satu regional dengan saya, kami hanya berdua dari Batam, sejak awal perkuliahan kita selalu diskusi dan beliau tak memang hanya teman kuliah di bunpro, dia layaknya kakak, saudara dan keluarga karena kita bersama sejak matrikulasi di IP ini . 

Beliau berpesan : "Maafkan ngga bisa menemani sampe akhir.. awik semangat terus ya.. lancar semua project dan juga setoran jurnalnya..". Aamiin Mbak, terimakasih untuk semua kontribusi yang mbak lakukan selama ini untuk CH kita, tetap bahagia dimanapun berada ya Mbak Rizza.. 

Oh iya, sebagai seorang leader ternyata Mardika juga meminta kita untuk menuliskan habit baik. Amanah dan tanggung jawab besar ini saya jalani tentunya dengan bahagia, walau memang terasa berat. Tapi saya yakin teman-teman di GaMa mampu bergandengan tangan mensukseskan PP kami. 



Habit leader CH 

Semoga kita bisa konsisten menjalankan habit baik yang kelak akan menunjang keberhasilan PP kita di GaMa, semangat terus teman-teman.. Meski sekarang kita ber-delapan, namun semangatnya masih tetap Masya Allah terasa sekali. Aku bangga sama kalian GaMa !

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak