Skip to main content

Hari Ke - 7 Game Level#3 “Meningkatkan Kecerdasan Anak”

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,

Apakabar ibu-ibu pembelajar ? Masih semangatkan berikhtiar dan berusaha meningkatkan kecerdasan anak, Semangaaatt selalu buat kita semua ya bu ..!!

Mamak agak telat posting karena tadi ada keperluan berbelanja perlengkapan lahiran masih ada yang kurang, hehe .. doakan lahiran nanti lancar dan nyaman ya bu ibu.. Aamiin

Baiklah, tanpa terasa sudah memasuki hari ke-7 tantangan di game level#3 dan di Project kali ini setelah berdiskusi dengan Pak Suami adalah bertemakan “Air”. Hayoo ngacung bu ibu... siapa yang anaknya hobi dan suka banget main air? 
Hehehe yap samaan kita bu, karena Mbak Kiyya sangat hobi main air apalagi kalau dibolehin basah-basahan hehe .. tinggal emaknya aja yang pegel ngelap dan ngepel lantai terus gantiin baju anak haha.. Tapi saya ga masalah sama itu semua asal anak bisa bermain sambil belajar . 

Jadi Judul Project keluarga kami hari ini adalah “Water Sponge” yaitu memindahkan air ke wadah yang lain dengan menggunakan Spons. 


Manfaat dari Project Water sponge ini adalah : 
  1. Meningkatkan kecerdasan Kinestetik anak
  2. Melatih gerak otot tangan
  3. Melatih kesabaran dan kecerdasan emosional anak karena permainannya adalah anak harus sabar memindahkan air dengan menggunakan spons dari satu wadah ke wadah yang lain.
  4. Serta melatih fokus agar air tidak tumpah saat menuangkan ke wadah lain.
Jadi sore hari tadi mami mengajak Mbak Kiyya..
“Mbak main air yuk!”
“Air mi? Ayook mi...”
(Waaah doi udah semangat banget dengar main air haha)

Lalu mami menyiapkan beberapa peralatan untuk Water sponge ini yaitu
  1. 1pcs Wadah berisi air
  2. 1 pcs wadah kosong
  3. Spons
  4. Lap kain
(Alat dan Bahan-lap nya ga kepoto hehe)

Setelah mami menyusun peralatan project ini, Mbak Kiyya langsung bertanya:
“Mainnya gimana mi?”
“Nah.. sini mami ajarin dulu cara mainnya ya sayang” 

Aturan permainannya adalah :

  1. Masukkan spons ke wadah yang berisi air lalu di tekan dan kemudian ditahan sebentar 
  2. Arahkan spons ke wadah kosong kemudian remas spons dan air akan keluar dari spons tersebut
  3. Pastikan agar tidak tumpah dan pindahkan air sampai habis dari wadah sebelumnya
Setelah dijelaskan dan dicontohkan, Mbak kiyya langsung semangat mengambil spons dan langsung memasukkannya ke wadah berisi air hehe..

       (seruuu banget mi..)

Dan percobaan pertama langsung berhasil dan membuat Mbak kiyya gembira , yeaaay Good Girl. 
Lalu Pak Suami pun turut serta bermain Water Sponge untuk menambah semangat Mbak kiyya, memang dasarnya air adalah permainan segala usia hehe sampai berebutan dan tumpah-tumpah ke lantai hehe.. tapi its oke mamak bahagia melihat keseruan mereka.


 (Malah ngajarin papinya hehe)




(Yeaaaay berhasil) 


Lalu mamak punya ide untuk melombakan project water sponge ini antara mbak Kiyya dan Papi, jadi mami mengambil 2 wadah lagi dan menyusunnya ..

Dan 1 2 3 ... mereka pun bergegas mengisi wadah kosong itu dengan cepat alhasil Banyak air yang tumpah hehehe.. mamak menyemangati Mbak Kiyya agar segera dengan cepat mengisi wadah kosomg dengan air. Meskipun Mbak Kiyya kalah tapi ia tetap semangat melanjutkan permainan .. 
airnya dituangkan ke celana dan ke lantai .. haha memang setiap anak unik dan kreatif apalagi kalau sudah bermain air, sepertinya kurang puas kalau belum basah haha..


“Mbak Kiyya Happy?”
“Happy mi.. basah semuanya tapi mi”
“Heheh gpp sayang, mami nanti lap ya , sekarang ganti baju ya nak” 
“Oke mi..”

Alhamdulillah project berjalan lancar meskipun project sederhana tapi mampu menciptakan kegembiraan dan kebahagiaan serta meningkatkan bonding diantara anggota Keluarga.

Yeayy.. Terimakasih Pak Suami sudah turut serta membersamai project ini , next bakalan kita buat project yang lebih seru ya nak..

Wassalamualaikum warahamatullahi Wabarakatuh,

#hari7
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak