Skip to main content

Hari ke-10 Game Level #2 “Melatih Kemandirian”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Apa kabar ibu-ibu terkasih?
Semoga selalu sehat dan bahagia ya bu..



Nyiur hijau di pantai pandawa
Pasir putih dan indahnya laut ciptaaNYA
Ramadhan mulia akan segera menyapa
Semoga keberkahan Allah melimpah bagi kita

Aamiin ..

Masya Allah tabarakallah, bulan puasa sebentar lagi ya bu ibu.. sudah buat Goal Ramadhan belum bu? Semoga ibadah kita kelak diterima Allah dan diberi kemudahan dalam berpuasa ya bu..
Mamak kali ini akan berniat berpuasa dan sudah sounding-sounding manja ke baby di dalam perut biar bisa sama-sama kuat diajak kerjasama puasa.

Mamak juga sudah buat list goal ramadhan plus list berbuka dan sahur haha..  kalau untuk masak- masak mamak harus semangat ya biar puasanya lancar. Saya juga sudah sounding Mbak Kiyya kalau nanti puasa akan menemani saya ibadah. Bismillah semoga Allah mudahkan semuanya ya bu.. Aamiin

Jadi hari ini sejak subuh sampai malam, mamak dan pak suami sibuk membersihkan rumah mulai dari dapur,kamar, sampai taman haha.. pinggang mamak sampai nyeri , encok, kesemutan plus nyut nyutan.. hehe resiko pindahan memang gini ya. Tapi saya bersyukur dibalik semuanya Allah sudah banyak memberikan kebahagiaan karena di Ramadhan tahun ini kami bisa berkumpul, kehamilan alhamdulillah lancar, Pak suami diberikan rejeki pekerjaan.. Masya Allah, Allah lah sang maha terbaik.



Meskipun  hari ini aktifitas padat namun saya tetap melatih kemandirian Mbak Kiyya .Yaitu:
1. Makan sendiri
Hari ini kami sarapan diluar dan saya percayakan Mbak Kiyya makan sendiri, meskipun tidak habis tapi mbak Kiyya sudah mulai lancar makan sendiri begitupun saat makan siang. (Mamak minta maaf tidak keburu mengabadikan moment karena menemani Pak Suami sekalian makan bersama.

2. Mandi dan berpakaian sendiri
- Mandi pagi hari ini saya awasi mbak Kiyya dari luar saat menggunakan shampoo mbak Kiyya sudah lancar namun PR yang hari kemarin saat hendak membilas rambut yang bersamphoo Mbak ragu, lalu saya bilang gpp nak.. pelan-pelan siram ya .. dan Mbak akhirnya menyiram sendiri namun setelah itu berteriak nangis mungkin karena belum hilang sabunnya dan takut perih. Padahal sabunnya ga perih hehe .. Its oke nak.. besok kita latih lagi ya biar semakin lancar
- Berpakaian sendiri, Mbak Kiyya sudah lancar meskipun hasilnya belum sesempurna maunya mami, hehehe.. mami sih sangat menghargai Mbak Kiyya . Alhamdulillah saat hendak mau BAK Mbak Kiyya sudah mandiri buka celana sendiri, pipis dan cebok sendiri . Kemudian lanjut memakai celana sendiri. Saya ajarkan sejak awal toilet training.


Selain latihan kemandirian diatas, hari ini karena dirumah sedang beres-beres jadi memang Mbak Kiyya saya biarkan mandiri bermain sendiri. Namun tetap dalam pengawasan dan penjagaan saya karena saya tidak bisa membiarkan begitu saja anak main sendiri. Tetap dipantau dan diajak bicara.

“Nak, selesai bermain ngapain?”
“Ngapain mi?”
“Mainannya diapain?”
“Ohh.. diberesin?”
“Iya bener nak.. nanti diberesin ya sayang. Mbak anak pinter dan hebat pasti gampang nanti beresinnya.”
“Ok mi”

Membereskan mainnya sendiri sudah saya kenalkan beberapa bulan lalu sampai hari ini Mbak Kiyya masih membereskan tanpa inisiatif sendiri maksudnya harus selalu saya suruh dulu untuk rapihin mainnya , terkadang jawabannya bikin mamak nyesek
“Mbak capek mi.. mami aja ya”

(Nah saya ga kehabisan ide , kadang saya ajak Mbak Berlomba siapa cepat membereskannya dapat bintang atau jadi anak hebat. Sesaat iru juga Mbak Kiyya langsung buru-buru beresin mainnya..Dan usaha lain untuk merayu Mbak Kiyya membersihkan mainan..

Seperti percapakan sore ini.
“Nak, sudah main kan? Yuk ambil bereskan ya sayang”
“Ok mi. Langsung menyusun mainnya”
Alhamdulillah mamak bahagia.. hehehe 
“Wah pinternya.. sini peluk nak”
“Yeaay.. 
“Nah gitu anak pinter, jadi rapih kan sayang? Besok Mbak main lagi gampang nyarinya ga hilang-hilang kan .”
“Iya mi.. “
“Nah gitu.. toss sini”

Alhamdulillah besok kita evaluasi lagi ya sayangku. Mami harus semangat selalu dalam melatih kemandirian Mbak.. Bismillah ya nak ..

           (Menyusun mainan) 




#hari10
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak