Skip to main content

Hari Ke-2 Game Level #4 “Gaya Belajar Anak”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Happy Jumuah ibu-ibu pembelajar ? Kalau udah jumat bawaannya semangat ya bu, karena besok dan lusa libur hehe..

Gimana aktifitas bersama buah hati bu? Mamak meskipun baru lahiran tetap semangat dan excited mengikuti tantangan di game level ini, mengenai gaya belajar anak.
Gaya belajar anak semakin bertambah usia maka akan terlihat jelas anak kita akan menggunakan gaya belajar yang mana. Semua gaya belajar nantinya akan memaksimalkan hasil belajar anak tergantung bagaimana kita orang tua memfasilitasi dan menstimulus anak menggunakan gaya belajar tersebut.

Jadi, sesuai umur Mbak Kiyya yaitu 3 tahun maka mamak mengenalkan beragam aktifitas untuk diamati kearah mana gaya belajar Mbak Kiyya, meskipun menurut pengamatan saya sejak usia dini Mbak Kiyya memiliki gaya belajar Visual dan Auditory namun hal ini bisa saja berubah seiring berjalannya waktu, lingkungan dan hasil stimulus. Jadi mamak mengenalkan ragam aktifitas untuk semakin yakin mengenai gaya belajar Mbak Kiyya .



Hari ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Mbak kiyya berikut ini tabelnya :





1. Gaya Belajar Visual

A. Bercerita Mengenai Kelahiran mas Khalid.
Sejak kemarin aunty Mbak Kiyya dari Batam datang berkunjung ke sini, jadi hari ini saat melihat foto Mas Khalid, ia pun bercerita sambil memperlihatkan foto mas khalid kepada aunty. Terjadilah percakapan antara mereka, saya yang mendengarkan kadang nyengir sendiri.
“Iya , mbak ga boleh masuk kedalam.. kasian mami sendirian”
Hehehe .. saat diruangan operasi Mbak kiyya bersama papi memang diluar ruangan.
Mbak Kiyya bercerita dengan cepat kadang sampai tergagap haha .. ini selalu saya ingatkan ke Mbak Kiyya agar lebih pelan bercerita.


B. Bercerita tentang Kambing dan Serigala
Selain bercerita tentang Mas Khalid diatas, Mbak Kiyya juga bercerita tentang Kambing dan Serigala    . Sebelumnya saya ijinkan Mbak kiyya nonton cerita Kambing dan Serigala kemudian saya banyak bertanya tentang cerita tersebut dan akhirnya Mbak kiyya bisa menceritakan langsung bahkan kepada auntynya hehe..


2. Gaya Belajar Auditori

A. Bermain Peran “Bertetangga”, Bercerita kepada Aunty, Bermain Peran “Pasar-pasaran”, memainkan alat musik.
Mbak kiyya sangat suka bercerita dan kali ini saya ajak ia bercerita menggunakan bonekanya tentang “Bersilaturahmi ke Tetangga”. Saya mengajarkan ia mengucapkan salam dan percakapan yang sopan dan santun.

Bercerita adalah kegemaran mbak Kiyya maka memang dari sisi auditory nya memang lebih dominan, selain itu saya mengenalkan aktifitas lain yaitu bermain alat musik xylophone.




3. Gaya Belajar Kinestetik
Aktifitas lainnya adalah memakai baju sendiri yang semakin hari semakin baik dilakukan oleh Mbak Kiyya, selain itu saat bermain jual-jualan tadi Mbak Kiyya melakukan aktiftas kinestetis dengan menggendong jualan dan berteriak Buku— buku— beli buku bu.. hehe..

Semangat terus ya nak. Mami pun semangat membersamai mbak Kiyya


#hari2
#tantangan10hari
#gamelevel4
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip


Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak