Skip to main content

Hari ke -3 Game Level #4 “Gaya Belajar Anak”

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Semangat pagi ibu- ibu yang tak kenal lelah membersamai anandanya dalam upaya mendidik dan membersamai ananda menjadi anak - anak hebat kelak.

Hari ini sudah hari ke-3 mamak mengamati gaya belajar Mbak Kiyya, dengan ragam aktifitas saya kenalkan ke mbak Kiyya agar lebih memudahkan saya untuk menentukan gaya belajar Mbak Kiyya.


Ada beberapa aktifitas yang mewakili 3 gaya belajar, yaitu Visual, auditory dan Kinestetis.
Sedikit penjelasan saya berdasarkan hasil pengamatan kepada Mbak Kiyya adalah Mbak kiyya termasuk anak yang mudah menghapal dan mengingat dari sini bisa sedikit saya simpuljan bahwa gaya belaja mbak Kiyya Adalah visual dan auditori. Meskipun belum final tapi dari pengamatan ini kelak akan memudahkan saya untuk menyesuaikan gaya belajarnya agar hasilnya maksimal.



Aktifitas hari ini ialah :

1. Menghapal Surah Al-kafirun
    Kemampuan auditory mbak Kiyya memang merupakan anugerah yang Allah berikan, karena itu mbak Kiyya bisa dengan cepat mengingat suatu hapalan. Jadi saya rutinkan setiap hari membaca 1 surah dan meminta Mbak kiyya menirukannya. Seperti surah Al-lahab sebelumnya Mbak Kiyya bisa menghapal kurang lebih 1 minggu. Gaya belajar auditory ini memang lebih dominan.

2. Bermain Kejar-kejaran
Aktifitas ini dilakukan bersama papi saat sore tadi, yaitu siapa yang lebih cepat berlari sampai kerumah. Kegiatan kinestetis ini akan terus kami stimulus untuk melatih keseimbangan Mbak kiyya.

3. Membaca buku ABC
Membaca dan bercerita adalah hobbi mbak kiyya, ia akan bisa fokus dan tenang mengamati gambar-gambar di buku dan bertanya. Saya juga termasuk mamak yang hobbi memburu buku untuk dibaca dan diceritakan kembali ke Mbak Kiyya. saat membaca buku sangatlah nampak kemampuan dan gaya belajar visual auditorinya.

4. Bermain tebak-tebakan nama Hewan yang Bisa terbang dan Yang hidup di air.
Saya sangat suka menstimulus mbak Kiyya dengan bermain tebak-tebakan karena disini auditori dan kinestetisnya akan berperan. Saat mampu menjawab mbak Kiyya akan melompat dan tepuk tangan saya pun langsung mengajak toos mbak kiyya, kadang sambil berlari dan melompat hehe..

5. Melipat origami
Dengan kemampuan meniru mbak Kiyya akan mudah melakukan perintah dengan melihat saya melipat kemudian melakukannya meskipun kadang sesuka harinya hehe, otot tangan pun bekerja saat melipat .

6. Bermain peran sebagai Dokter
Sejak sepulangnya saya dari Rumah sakit, mbak Kiyya suka sekali bermain peran sebagai dokter, nanti ia akan bercerita sendiri kemudian menempelkan kertas di kaki saya sambil bertanya “sakit mi?” Hehe .. oya, yang lucunya saat ia bercerita sendiri ia mengucapkan “tahan ya .. sakit memang kontraksinya” Ya Allah  nak.. hahha kau mendengar keluhan mami saat kontraksi ya haha.

7. Menyusun mainan dan Bantal sendiri
Kegiatan kinestetis ini sangat baik buat mbak Kiyya agar ia pun lebih tanggung jawab kepada mainannya. Kegiatan menyusun bantal memang suka ia lakukan sambil bicara “ini bantal mami, yang ini papi” hehe ..

8. Membantu Menyiapkan perlengkapan mandi adik Bayi
Nah, aktifitas ini sangat ia sukai. Mbak kiyya memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi sehingga setiap aktifitas yang belum ia tahu maka ia akan sibuk mencari tahu.
Saat memandikan adik bayi tadi, mami perlu tambahan air. Saya pun meminta tolong kepada mbak Kiyya untuk dibawakan air 1 gayung, dan mbak Kiyya mendengarkan instruksi dengan baik dan membawakan airnya . Terimakasih ya sayang..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

#hari3
#gayabelajaranak
#gamelevel4
#kelasbunsayiip
@ibuprofesional

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak