Skip to main content

Tantangan Hari-7 Game Level #1 "Komukasi Produktif"

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Waah, tidak terasa sudah sampai hari ke-7 tantangan game level #1 yang bertajuk “Komunikasi Produktif”. Masya Allah selama itu pula banyak hal dan ilmu positif yang bisa kami dapatkan dan memberikan perubahan lebih baik kepada saya terutama dalam melakukan komunikasi kepada partner kecil saya.

Tantangan hari ini sedikit penuh drama, oleh karena itu, mami beri judul “Drama, Minta Bawa Pulang Mainan Teman”..




Jadi pagi tadi Mbak Kiyya ngajak main ke Rumah Adek Siddiq ,jaraknya dekat dengan rumah kami.. Selama bermain disana Mbak Kiyya menunjukkan sikap yang sopan dan baik, namun saat hendak Pulang “drama” itu terjadi.

“Mi, bawa pulang ini ya” (menunjukkan bandana rambut punya ibu siddiq”
“Ndak boleh sayang, itu bukan punya mbak”
(Merengek dan nangis), “ga mauu mi mau bawa ini!”
“Sayang, kembalikan ya.. ini bukan punya Mbak”
“Ga mau mi !!!!”
(Saya mengambil nafas dalam dan berusaha tenang)
“Mbak mau pulang terus kembalikan mainannya atau tetap disini?”
(Mamak memberikan pilihan)
“Tapi beli es krim ya mi?”
“Kita pulang dulu, mami ga bawa uang”
(Merengek lagi)
“Jadi ga mau pulang ? Mami pulang duluan ya”
(Akhirnya deal, dan Mbak Kiyya ikutan pulang tanpa nangis)
Sebelumnya mengembalikan bandana mama Siddiq dan mengucapkan salam untuk pulang..


Sambil pegangan tangan, saya ajak dia becanda dan pura pura lari duluan terus Mbak Kiyya kejar sampe kami di rumah
Untuk mengalihkan perhatian dan ingatan dia tentang drama tadi.

Sesampainya dirumah saya langsung mengajaknya tidur siang dan melakukan pillow talk dengan Mbak Kiyya.

“Sayang, mau ga kalau mainan Mbak diambil orang tapi ga ijin dulu sama mbak?” (Saya mencoba mengajaknya untuk menganalisa drama tadi)
“Ga mau mi, no no no”
“Ga mau kan? Begitupun Adek siddiq, kalau Mbak Bawa pulang bandonya mama siddiq tanpa izin pasti adek siddiq sedih”
“Iya ya mi, tapi Mbak Mau” (type teguh pendiriannya muncul)
“Iya kalau mau boleh, kita nabung dulu nanti beli, bukan ambil barang orang ya”
“Iyaaa oke mi.. “
“Ambil punya orang itu bukan anak shalihah namanya ya sayang”
(Mengangguk pelan)
“Nah gitu anak pintar, anak hebat. Sini peluk sayang”

Alhamdulillah Mbak Kiyya mengerti setelah di Nasehati, bahwa tidak boleh mengambil barang yang bukan miliknya karena itu bukan sikap yang terpuji.
Dan Allah memberikan pahala bagi anak yang tidak mengambil barang orang..
Selama pillow talk berlangsung, Mbak Kiyya menunjukkan tanda paham dan tidak semuanya yang dia mainin boleh dibawa pulang kerumah.

Saya yakin akan ada drama-drama di hari selanjutnya, tapi saya pun yakin itu adalah tantangan yang bisa saya hadapi dengan baik bersama putri kecil saya, ilmu komukasi produktif ini sangat bermanfaat buat saya agar bisa deal tanpa drama dengan putri kesayangan saya. Bismillah semangaaat ya sayangku..



Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh,


#hari7
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak