Skip to main content

Tantangan Hari Ke-15 Game Level 1 “Komukasi Produktif”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah Masya Allah hari ini tantangan terakhir di Game Level 1 Bunda Sayang yang berjudul “Komukasi Produktif”. Kaidah yang dianjurkan agar bisa memperoleh sebuah komunikasi produktif sangatlah penting dilakukan. Setelah menjalani tntangan ini selama lebih dari 2 pekan saya pun mulai terbiasa mempraktekkannya dengan partner kecil saya. Tentunya dengan harapan setiap saya ngobrol atau memberi nasihat kepada putri saya dapat diingat dan dilakukannya dengan baik, begitupun buat saya agar selalu bisa mengendalikan emosi saat berinteraksi dengan putri saya dan bisa lebih tenang ketika ada tantangan di hari - hari saya.

Oyaa.. sampai lupa menyapa para ibu pejuang dan pembelajar nih, hehehe
Apa kabar para ibu ? Gimana hari kamis manisnya ? Semoga Selalu diberi kelimpahan rahmat oleh Allah ya ibu ibu .. Semangat terus kita memperbaiki diri agar bisa lebih baik ya bu..



Hari ini seperti biasa jadwal saya tahsin, setelah kemarin ada drama yang dilakukan oleh putri saya. Maka hari ini sebelum saya berangkat saya memberikannya nasihat.
“Mbak, semalam mami sedih karena mbak rewel Pas ngaji, sekarang Mbak mau ikut mami atau dirumah?” (Saya memberikannya pilihan)
“Ikut mi.. mau ikut mami”
“Kalau mau ikut Mbak janji harus tenang dan baik ya?” (Saya sampaikan keinginan saya dengan informasi singkat dan jelas)
“Iya mi.. Mbak baik mi”
“Pinter, kalau gitu sekarang siap-siap ya”
“Oke bos..”

Selama diperjalanan ia menemani saya menyetir mobil, sambil saya ingatkan is kembali untuk jadi anak dhalihah pintar selama mengaji.

Alhamdulillah selama mengaji Mbak Kiyya berakhlaq baik, namun saat tengah bermain bersama. Mbak Kiyy- ingin meminjam mainan teman tersebut.
“Mi.. mau pinjam ..
“Coba bilang ke abangnya, pinjam mainannya”
“Dek nao. pinjam ya”
(Namun abang itu tidak memberikannya mainan tersebut)
“Mi.. mau mainan mi”
“Sayang, temannya belum mau pinjamin, gpp main yang lain dulu ya. Nanti kalau udah boleh dipinjam mbak pakai”
(Mbak kiyya pun mendengarkan arahan saya)


Namun, tak lama ketika mbak kiyya main, temannya tersebut mau mengambil mainan Mbak Kiyya tanpa permisi. Dan Mbak Kiyya tidak mengizinkan. (Saya sadari anak saya mencontoh perlakuan temannya sebelumnya) dan akhirnya temannya menangis dan tantrum.

“Mbak Kiyya boleh pinjamin temannya mainan?”
“Enggak mi.. ini punya mbak.. dia kan sudah punya” (sambil mempertahankan mainannya)
“Mbak ga mau berbagi sebentar?”
“Enggak mau mi.. (merengek dan mencoba mempertahankan miliknya)
“Ya udah oke nak” (saya menghargai Mbak Kiyya untuk mempertahankan barang miliknya dan belum mau meminjamkan untuk temannya , padahal mbak kiyya termasuk anak yang berempati tinggi dan selalu mudah berbagi, tapi kali ini saya hargai Mbak Kiyya untuk tidak meminjamkan mainannya kepada. Temannya. Yang saya fikirkan adalah ada saatnya anak harus mampu mempertahankan kepemilikan barangnya dan berhak meminjamkan kepada siapa yang ia kehendaki”

Saat perjalanan pulang saya mencoba mencari tahu kenapa Mbak Kiyya tidak meminjamkan mainannya tadi.
“Nak, makasih ya tadi sudah temani mami ngaji dan baik selama disana”
“Iya mi.. sama-sama mi”
“Oya, kenapa tadi Mbak ga mau berbagi sama teman mbak?”
“Iya ga mau mi, dia tadi ga mau gantian main. Kan sudah pegang mainan mobil-mobilan. mbak cuma satu aja mainanya” (terlihat sedih dan agak merengek)
“Sayang.. jangan sedih ya kalau ada teman yang ga mau berbagi, Mbak kan bisa main yang lain. lihat tadi temannya nangis rewel kan?
“Iya mi.. “
“Besok lagi Mbak Berbagi mainan ya sayang, main sama- sama”
“Enggak mau mi” (masih sedih dan mencoba tetap mempertahankan keinginanya)
“Gpp kalau belum mau berbagi tadi, tapi kalau mbak mau berbagi pasti nanti allah sayang, jadi mainannya banyak”
“Iya ya mi?”
“Iya sayang.. Allah sayang sama anak baik mau berbagi.. mami pun juga sayang”
“Mbak juga sayang mami”
“Pinter... “
Tosss...


Kesimpulannya dari komunikasi Produktif kali ini adalah :
1. Saya menghargai Mbak Kiyya ketika tidak ingin meminjamkan mainannya, namun saya tetap menasihatinya dengan memberikan pengalaman, bahwa Allah menyayangi anak yang mau berbagi.
2. Memberikan informasi jelas dan singkat
3. Memberikan pujian dan kritikan dengan jelas


Terimakasih untuk kerja sama di game level 1 yang sudah lebih 2 pekan ini ya Partner mami.
Kita pasti bisa lebih produktif lagi dalam berkomunikasi.
Dan tentunya mami semakin bisa mengendalikan empsi dan berintonasi dengan lembut dan ramah
Barakallah ya sayang mami “Kiyya Almahyra Wongkar”


#hari15
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#tantangan15hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal 1 Bunda Shalihah "IDENTIFIKASI MASALAH"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Bismillah, Masya Allah Tabarakallah rasanya sudah lama tidak menyambangi blog yang berisi perjalanan perkuliahan di Institut Ibu Profesional. Atas izin Allah saat ini saya memasuki perkuliahan baru di Kampus Ibu Pembaharu yakni jenjang Bunda Shalihah. Sebelumnya, ucapan terima kasih tak terhingga kepada Pak Suami yang telah memberikan ridhonya untuk saya bisa kembali belajar dan bertumbuh di IP. Perjalanan selama enam bulan kedepan dimulai dengan langkah semangat dan sorot mata menantang (akan banyak polisi tidur, batu kerikil dan hujan badai pastinya) tapi yakin, diri ini pasti mampu.  Setelah menyimak highlight materi dari bu Dekan, saya bergegas ke perpustakaan kampus kemudian sembari selonjoran dan mengambil nafas dalam saya mulai membaca dan memahami materi pertama perkuliahan yaitu : Identifikasi Masalah.  Mengutip dari Wikipedia,  Masalah    didefinisikan sebagai suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan yang diha

Yuk, Kenali Emosi !

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,  Hari ini di CH GaMa mengadakan BIRU "Bincang Seru" terkait emosi, kali ini materi dipaparkan langsung oleh yang ahli di bidang psikologis yakni Mbak Elsy Junilia S.Psi, M. Psi, Psikologi yang juga adalah warga di CH kami . Sesuai goal kami pada Project Passion yaitu, menjadi ibu bahagia dan mampu cerdas kelola emosi, mengenal emosi dan cara meregulasinya adalah hal yang penting untuk kami pelajari, tak hanya cukup sampai dipelajari, kami pun harus mempraktekkan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wah, PR besar ini untuk bisa terus istiqomah.  Yuk, kita kenalan sama yang namanya emosi ini. Jadi  Emosi  adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu.  Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian.  Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa s enang  mengenai sesuatu, marah  kepada seseorang, ataupun takut  terhadap sesuatu.  Ternyata emosi itu tidak hanya berupa marah loh, ada juga emosi positif yan

Buddy Review Jurnal 1 'Identifikasi Masalah'

  Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Hai hai, gimana sudah membaca postingan sebelumnya terkait identifikasi masalah? ada yang relate kah ?,gamifikasi seru kali ini dikelas bunda shalihah adalah " buddy review". Masya Allah ,mendapatkan teman review seperti ini ternyata ada hikmah besar, apa iya ini bagian dari ikhtiar kita agar mampu mencari keping-keping solusi atas masalah yang kita hadapi? atau hadirnya teman review sebagai risalah diri agar lebih semangat menghadapi tantangan? Siapa buddy review saya? beliau adalah Mbak Heru Pratiwi dari regional Karawang, mbak Heru ini juga teman seangkatan saya di kelas bunda produkti dan pernah beberapa kali bersapa. Menuliskan jurnalnya di google doc, berikut ini hasil review saya terhadap jurnal mbak Heru.  Apa yang Sudah Baik di Jurnal Buddy? Menurut saya, mbak Heru sudah mampu menganalisa dengan baik tentang apa masalah yang tengah ia hadapi, sehingga masalah bisa diidentifikasikan dengan jelas.  Masalah yang mbak